KECERDASAN BUATAN

UTS KECERDASAN BUATAN
Nama : Rose Setiana
NIM : 1730511087
Prodi : Teknik Informatika

Soal:
1. Dalam bahasan Kecerdasan Buatan sebuah software/hardware disebut cerdas jika memiliki kemampuan untuk Searching, Reasoning, Planning, dan Learning. Jelaskanlah pernyataan tersebut disertai dengan Contoh!
Jawaban:
Searching adalah proses pencarian untuk menemukan penyelesaian masalah dengan melakukan pengujian dan penelitian terlebih dahulu, hasil dari pencarian dapat bernilai salah (tidak ketemu / tidak sukses) atau benar (ketemu / sukses).




Reasoning atau teknik penalaran adalah penyelesaian masalah dengan logika. dapat dilihat bahwa penalaran digunakan untuk mengevaluasi apakah suatu pernyataan itu dapat diyakini atau kembali secara literal, kita melihat alasan (reason) dibalik suatu pernyataan.
Contoh. Pemimpin teroris mengatakan bahwa orang-orang diluar dari orang golongannya adalah kafir dan halal untuk dibunuh. Kalau kita tanya ke pemimpin teroris, kenapa Pak pimpinan teroris? Jawabannya, karena tertulis bahwa yang diluar jalan kita, adalah kafir. Atau mungkin jawaban lainnya, saya ini pimpinan yang dipilih oleh kekuasaan yang lebih tinggi. Kalian bisa percaya kekuasaan tertinggi, maka kalian harusnya bisa percaya kata-kata saya.
Contoh diatas menjelaskan bahwa pemimpin teroris membuat pernyataan. Pernyataan ini digunakan untuk membentuk keyakinan. Pernyataan dari pemimpin teroris beserta alasannya perlu kita kaji dengan menggunakan penalaran. Penalaran akan menentukan apakah pernyataan dari pimpinan teroris ini layak untuk kita yakini atau tidak.
Planning adalah suatu metode penyelesaian masalah dengan cara memecah masalah ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil, menyelesaikan sub-sub masalah satudemi satu, kemudian menggabungkan solusi-solusi dari sub-sub masalah tersebut menjadi sebuah solusi lengkap dengan tetap mengingat dan menangani interaksi yang ada antar sub masalah.
Contoh : Di dalam Dunia Balok dikenal istilah initial-state dan goal-state yang  masing-masing direpresentasikan oleh suatu komposisi dari sejumlah balok. Kemudian,ada satu set operator yang dapat diaplikasikan oleh sebuah tangan robot untuk memanipulasi balok. Permasalahan yang ada di dalam Dunia Balok adalah: Rangkaianoperator seperti apa yang dapat mengubah initial-state menjadi goal-state? Untuk berpindah dari satu state ke state lainnya, perencanaaan  diperkenankan untuk mengaplikasikan sejumlah operator. Sebuah sistem perencanaan pada umumnya perlu untuk mampu:
·         Memilih operator
·         Mengaplikasikan operator
·         Mendeteksi ketika solusi telah tercapai
·         Mendeteksi jalan-jalan buntu
Mendeteksi ketika solusi yang hampir benar telah dicapai dan melakukan teknik khusus untuk membuat solusi tersebut menjadi benar
Learning adalah pengembangan siistem yang bisa belajar sendiri tanpa perlu di program manusi berulang kali atau dapat menemukan penyelesaian maslahnya sendiri,
Contoh learning dalam bidang transformasi, software dalam ALV INN digunakan pada sebuah mobil tanpa dikemudikan manusia dengan menggunakan JST dengan berbagai gambar kondisi jalan raya yang ditangkap kamera pada mobil.

Soal:
2.  Gambar di bawah ini adalah sebuah graf simetris tak berarah yang menggambarkan  kondisi jalan raya di suatu kota.  Terdapat 8 simpul yang menyatakan persimpangan jalan dengan posisi-posisi koordinat dua dimensi (x,y). Setiap busur memiliki 2 atribut, angka pertama menyatakan panjang jalan sebenarnya (dalam satuan kilo meter), dan angka yang berada dalam tanda kurung, menyatakan kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk setiap kendaraan  yang melalui jalan tersebut (dalam satuan km/jam). Seorang pimpinan satuan pemadam kebakaran, yang berada di persimpangan S, bermaksud memadamkan api di sebuah gedung yang terletak di persimpangan G. Dia menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Bantulah petugas tersebut menemukan rute jalan dengan total waktu tercepat dari S ke G dengan menggunakan Metode A*.

Jawaban :


Soal :
3. Bagaimana Pendapat anda, jika proporsional logic digunakan untuk membangun basis pengetahuan untuk permainan catur? Jelaskan!
Jawaban :
Menurut pendapat saya, setuju karena dengan adanya proporsional dalam membangun basis permainan catur sangat berguna, PL merupakan operator untuk menghubbungkan dalam bentuk ungkapan, ekspresi berupa kata penyambung logika bagian dari AI yang cara kerjanya seperti pemikiran manusia dan catur merupakan salah satu permainan yang proses kerjanya menggunakan pemikiran.

Soal:
4. Untuk masalah yang seperti apa kita sebaiknya menggunakan fuzzy logic?
Jawaban:
Logika fuzzy digunakan untuk menterjemahkan suatu besaran yang diekspresikan menggunakan bahasa (linguistic), misalkan besaran kecepatan laju kendaraan yang diekspresikan dengan pelan, agak cepat, cepat, dan sangat cepat. Dan logika fuzzy menunjukan sejauh mana suatu nilai itu benar dan sejauh mana suatu nilai itu salah. Tidak seperti logika klasik (scrisp)/tegas, suatu nilai hanya mempunyai 2 kemungkinan yaitu merupakan suatu anggota himpunan atau tidak. Derajat keanggotaan 0 (nol) artinya nilai bukan merupakan anggota himpunan dan 1 (satu) berarti nilai tersebut adalah anggota himpunan.

Soal:
5. Jika diketahui fungsi keanggotaan suhu udara adalah sebagai berikut :


Maka tentukanlah derajat keangootaan pada fuzzy logic untuk suhu : 10𝑜𝐶, 14 𝑜𝐶, 25𝑜𝐶, 45𝑜C
Jawaban: 
10°𝐶 = (x-a)/(b-a)
          = (10-3)/(15-3)
          = (7/12)
          = 0,583
-14°𝐶 = (x-a)/(b-a)
            = (14-12)/(15-12)
            = (2/3)
            = 0,67
-25°𝐶 = (d-x)/(d-c)
            = (27-25)/(27-24)
            = (2/3)
            = 0,67
-45°𝐶 = (d-x)/(d-c)
            = (50-45)/(50-39)
            = (5/11)
            = 0,45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMED AND UN-INFROMED SEARCH

METODE NUMERIK (REVIEW)