Media Pembelajaran Mengenal Hewan untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Adobe Flash CS6



Nama               : Rose Setiana
Nim                 : 1730511087
Mata Kuliah    : Interaksi Manusia dan Komputer
Prodi               : Teknik Informatika

Menganalisa Konteks Yang Akan Yang Dibuat
JUDUL PENELITIAN :

MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN UNTUK TAMAN
KANAK-KANAK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6

Definisi Adobe Flash
Adobe Flash (awal namanya Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah satu program untuk membuat animasi yang sangat handal dibandingkan dengan program lain karena dalam hal ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil. Hasil animasi Flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar tampilannya menjadi lebih interaktif. Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi.
Sejarah Dan Perkembangan Adobe Flash
Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar komputer. Dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains sekolah. Setelah dia menang, program buatannya menarik perhatian bagi pengembang software lokal Charlie Jackson. Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch. Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs. Juli 1996 CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini menimbulkan minat di kalangan industri. Tak kurang dari Microsoft yang menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat mengikuti model televisi dan animasi-animasi full screen dibuat dengan FutureSplash. Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar memakai Shockwave plugin browser untuk produk animatornya bernama Director mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama menjadi Flash 1.0. Seiring dengan perkembangannya, Flash berkembang dan mempunyai beberapa versi yang diciptakan hingga tahun ini. Adapun riwayat produk perkembangan flash mulai dari tahun 1996 hingga perkiraan tahun 2010 adalah sebagai berikut:
§  FutureSplash Animator (10 April 1996)
§  Flash 1 (Desember 1996)
§  Flash 2 (Juni 1997)
§  Flash 3 (31 Mei 1998)
§  Flash 4 (15 Juni 1999)
§  Flash 5 (24 Agustus 2000) – ActionScript 1.0
§  Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
§  Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) – ActionScript 2.0
§  Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
§  Flash Basic 8 (13 September 2005)
§  Flash Professional 8 (13 September 2005)
§  Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) – ActionScript 3.0
§  Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
§  Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
§  Terdapat pula Adobe Flash CS6


Macam – Macam Adobe Flash
1. Adobe Photoshop
Produk Adobe yang terkenal diantaranya adalah Photoshop yang merupakan perangkat lunak untuk pengolahan foto atau gambar. Photoshop adalah market leader terbaik untuk pengolahan foto. Setidaknya ada banyak sekali versi dari Photoshop yang bisa kita gunakan saat ini. Saat ini ada 13 versi dari Photoshop yang bsa kita gunakan dan versi terakhir adalah versi 13 dengan nama Adobe Photoshop CS6. Menggunakan perangkat ini memang sangat membantu fotografer dan juga perusahaan periklanan untuk membuat foto atau gambar lebih sempurna dan professional.
2. Adobe Flash
Dulunya kita mengenal Adobe Flash dengan nama Macromedia Flash. Perangkat lunak ini digunakan untuk pembuatan animasi ataupun gambar vektir. Penyimpanan file hasil dari Flash adalah dalam bentuk file extension .swf. Untuk membuka file ini tentu saja PC, laptop atau gadget yang Anda gunakan harus dipasang perangkat Adobe Flas Player. Adobe membuat produknya yang bernama Flash ini dengan bahasa pemrograman yang diberi nama ActionScript. Bahasa pemrograma ini pertama kali digunakan saat penggunaan Flash 5.
3. Adobe After Effects
Adobe After Effects adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe. Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam – macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
4. Adobe Dreamweaver
Dreamweaver merupakan program yang sering digunakan untuk menyunting halaman web. Dulunya, kita sering menggunakan Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia namun sekarang kita bisa menggunakan Adobe Dreamweaver karena Macromedia sudah dibeli oleh Adobe. Versi terakhir dari Dreamweaver yang bisa kita gunakan adalah Adobe System versi 12.
5. Adobe Fireworks
Adobe Fireworks (sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Fireworks) adalah sebuah bitmap dan vector grapichs editor. Ia sebenarnya dikembangkan menggunakan bagian dari Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh pada tahun 2005. Fireworks dibuat untuk web designer agar membuat prototipe website dan application interface dengan cepat.
Fiturnya memasukkan slices and kemampuan untuk menambahkan hotspot. Ia didesain untuk diintegrasikan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Dreamweaver dan Adobe Flash. Ia tersedia sebagai salah satu produk yang berdiri sendiri atau dibundle dengan Adobe Creative Suite. Versi sebelumnya dibundle dengan Macromedia Studio.
6. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CS6 merupakan versi terkini program ini, generasi keenam belas untuk produk Illustrator
7. Adobe InDesign
Adobe InDesign adalah perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku
8. Adobe Premiere Pro
Untuk menyunting video dengan mudah, Anda bisa menggunakan Adobe Premiere Pro. Produk dari Adobe ini merupakan program untuk penyuntingan video yang bisa dijalankan pada platform Windows dan Max OS untuk versi CS3. Untuk menjalankan program ini, Anda bisa memilih beberapa bahasa yang disediakan diantaranya bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Jepang, bahasa Spanyol, bahasa Italia dan juga bahasa Perancis.
9. Adobe After Effects
Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan bom, dan efek khusus lainnya. After Effects telah membantu para praktisi perfilman Hollywood dalam menghasilkan film-film dengan efek khusus yang spektakuler.
Adanya kesamaan interface antara After Effects dengan keluarga Adobe yang lain seperti PhotoShop memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pemakaiannya. Integrasi After Effects bersama dengan PhotoShop, Illustrator, dan Premiere akan menghasilkan karya yang sebelumnya sulit dibayangkan untuk diwujudkan. Pada versi terbarunya, After Effects 6. Berbagai fitur yang lebih memudahkan bagi para profesional dalam menghasilkan efek khusus yang inovatif namun dengan tenggang waktu yang terbatas.
10. Adobe Audition
Adobe Audition (sebelumnya Cool Edit Pro) berguna untuk Audio Editing (Edit Audio) dan penggunaanya sangat simple dan mudah dipelajari, Oleh Karena itu Adobe Audition cukup terkenal dikalangan masyarakat.
11. Adobe Prelude
Adobe Prelude (penerus Adobe OnLocation) adalah alat untuk Windows dan Mac untuk meninjau, impor, log, pilih, dan media ekspor tapeless. Perangkat lunak ini juga menawarkan fitur seperti transkripsi pidato dan dipotong penciptaan kasar.
Kelebihan Adobe Flash
§  Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
§  Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
§  Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
§  Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat
§  permainan (game), aplikasi web dan handphone.
§  Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
Kekurangan Adobe Flash
§  Pembuatan yang rumit, karena semua serba manual, mulai dari pembuatan gambar, gerakan, hingga pembuatan fungsi tombol seperti tombol next, prev dan lain sebagainya
§  Dibutuhkan waktu yang tidak cepat dalam pembuatannya, karena kita diwajibkan memahami bahasa pemrograman Java
§  Perangkat yang akan kita gunakan harus mempunyai Adobe Flash Palyer, sehingga mungkin ada beberapa pengguna yang mengalami kesulitan jika komputer atau perangkat yang digunakan belum terinstall Adobe Flash Player, terlebih bagi mereka yang jarang update aplikasi komputernya.
§  Dalam pembuatannya, kita membutuhkan banyak variabel untuk memberikan nama pada object yang akan kita mainkan, baik untuk nama gambar, suara, gambar bergerak dan perhitungan matematik.

Mengenal Adobe Flash CS6

Adobe Flash CS6 merupakan versi pembaruan dari versi sebelumnya, Adobe Flash CS5. Adobe Flash CS6 berada pada sati paket dengan sofware lainnya dalam Adobe Creative Cloud ( Adobe CC). Versi ini dirilis online pada tanggal 18 Juni 2014

Fitur fitur terbaru pada Adobe Flash CS6 diantara lainnya adalah :
·                     Memberikan dukungan untuk HTML 5.
·                     Ekspor symbol dan urutan animasi yang cepat menghasilkan sprite sheet untuk menigkatkan pengalaman gaming. Alur kerja, dan performance.
·                     Memberikan dukungan untuk Android dan iOS dengan Adobe Flash player terbaru.
·                     Performanya memberikan pemuatan foto berukuran besar menjadi lebih cepat. Hal ini  terwujud dengan adanya Adobe Mercury Graphics Engine yang mampu meminimalisir waktu render

1.      Definisi Konteks Aplikasi
Aplikasi ini merupakan media untuk mempermudah belajar mengajar antara murid dan guru. Media pembelajaran ini merupakan sarana penyampaian materi pembelajaran yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pemikiran dan perasaan serta kemauan seseorang untuk belajar. Melalui media pembelajaran interaktif memungkinkan peserta didik akan lebih tertarik dan mudah menerima materi yang di pelajari. Media pembelajaran Mengenal hewan untuk taraf Taman Kanak-Kanak (TK) saat ini masih berupa penyampaian langsung dari guru. Cara lain yang digunakan untuk  pembelajaran Mengenal hewan saat ini adalah melihat gambar dari buku saja, namun metode tersebut kurang interaktif karena buku tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan anak-anak. Sebagian anak – anak akan merasa bosan dalam mempelajari materi hanya dengan melihat-lihat buku. Maka dari itu diharapkan dengan adanya media pembelajaran interkatif ini mampu menjadi sarana belajar anak-anak untuk dapat lebih mudah memahami dalam belajar mengenal hewan.

2.      Gambaran Pengguna
Gambaran pengguna aplikasi ini adalah guru, murid dan wali murid bisa menggunakanya.
Kondisi setiap user yang terlibat dalam penggunaan aplikasi ini:
·         User memiliki dan bisa menggunakan handphone dengan baik
·         Handphone user memiliki data seluler dan dapat mengakses internet.
·         User dapat memahami aplikasi tersebut.
·         Bahasa yang digunakan bahasa indonesia.
·         Usia user 4 s/d 40 tahun.
·         Jenis kelamin laki-laki dan perempuan.
Kondisi pengelola :
Ø  Usia pengelola 19 tahun
Ø  Jenis kelamin pengelola perempuan
Ø  Wilayah daerah Cicantayan Sukabumi
Ø  Kemampuan dalam menggunakan komputer dengan baik dan benar
Ø  Bahasa yang digunakan bahasa indonesia
Ø  Kesukaan pengelola dalam membuat aplikasi ini tidak bergantung bagaimana kesukaan pengelola itu sendiri, melainkan memperhatikan kesukaan user sebagai pengguna aplikasi tersebut.
Analasis Sistem
       Analisis sistem dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana sistem bekerja, untuk mengetahui permasalahan dari sistem Aplikasi Pengenalan Hewan  di TK Kota Sukabumi, yang selanjutnya mencari solusi pemecahan permasalahan tersebut dengan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan sistem untuk mengajukan sistem usulan yang akan dikembangkan.  
       Analisis Sistem Berjalan
            Analisis sistem yang berjalan bertujuan untuk mempermudah belajar mengajar antara murid dan guru. Media pembelajaran ini merupakan sarana penyampaian materi pembelajaran yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pemikiran dan perasaan serta kemauan seseorang untuk belajar. Melalui media pembelajaran interaktif memungkinkan peserta didik akan lebih tertarik dan mudah menerima materi yang di pelajari. Media pembelajaran Mengenal hewan untuk taraf Taman Kanak-Kanak (TK) saat ini masih berupa penyampaian langsung dari guru.
1.      Prosedur Penggunaan Sistem 
a. Prosedur penggunaan Sistem
               i.          Penegelola dapat meneliti terlebih dahulu kepada user
             ii.          User dapat mendownload aplikasi ini diyoutube, karena aplikasi ini berupa video.
           iii.          Guru menjelaskan cara penggunaan aplikasi ini kepada murid atau anak-anak.
           iv.          Murid  mempraktik-kan cara menjalankan aplikasi tersebut.
             v.          dapat memahami dengan baik aplikasi tersebut.
2.         Workflow Sistem yang Berjalan
Workflow sistem yang berjalan pada proses penggunaan sistem aplikasi di Universitas Muhammadiyah Sukabumi adalah sebagai berikut:



Analisis Permasalahan

Dengan proses penggunaan sistem aplikasi yang masih dilakukan secara konvensional tersebut, terdapat beberapa permasalahan diantaranya:
1.      Dalam aplikasi ini memungkinkan adanya kendala seperti keadaan internet tidak stabil, dan proses pembelajaran akan terganggu jika menggunkan aplikasi secara online karena ada sedikit iklan yang muncul saat proses pembelajaran murid atau anak-anak.
2.      Belum semua TK memiliki proyektor didalam kelas.

Analisis Pemecahan Masalah

Melihat  masalah yang dihadapi tersebut, maka diusulkan pemecahan masalah sebagai berikut:
1.    Solusi penyelesaian masalah dalam aplikasi ini pastikan koneksi internet stabil sehingga proses pembelajaran tidak terganggu. Untuk tidak terganggu oleh iklan yang sering muncul, silahkan download terlebih dahulu dengan internet dan buka kembali dengan koneksi internet offline.
2.    Mengajukan usulan dana kepada atasan untuk mengadakan Proyektor sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Analisis Kebutuhan dan Usulan Sistem

1. Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kebutuhan sistem dilakukan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh sistem. Kebutuhan sistem yang dibutuhkan dalam pembuatan Media Pembelajaran Mengenal Hewan untuk taman kanak-kanak Menggunakan Adobe Flash CS6  yaitu sebagai berikut.
a. Data yang dibutuhkan
i.        Data Guru: nip, nama.
ii.      Orang tua / Wali : nama
iii.    Anak TK : nama
b.      Form yang dibutuhkan
Form yang dibutuhkan dalam sistem yang akan dikembangkan adalah:
i.               Form menu utama / start
ii.             Form menu pemilihan gambar hewan
iii.           Form menu materi
iv.           Form menu Logout / Keluar
c.       Perangkat Pembangun Sistem
i.           Analisis kebutuhan perangkat lunak
Merupakan analisis yang dilakukan pada perangkat lunak yang dilakukan penulis dalam membangun aplikasi media pembelajaran mengenal hewan di salah satu TK di Sukabumi.
2.         Usulan Sistem
                                                                    i.            Pengelola membuka aplikasi youtube
                                                                  ii.            Pengelola mengupload video yang sudah jadi ke aplikasi youtube
                                                                iii.            User (guru dan murid) dapat mendownload video tersebut di youtube pengelola
                                                                iv.            User (guru dan murid) bisa mendownload dan menonton video tersebut bagi yang mempunyai HP tersendiri jika tidak bisa dari proyektor didalam kelas.
A.    Halaman berikutnya, yaitu form gambar yang merupakan tempat berbagai gambar dari system yang dibuat.
B.     Halaman di form pemilihan materi, user dapat memilih gambar hewan yang disukai dan bisa mendengarkan berbagai suara-suara hewan.
Perancangan IMK
·         Perancangan Tampilan:
Merupakan pemodelan tampilan dari system yang dapat dilihat pengguna. Adapun perancangan tampilan dari aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Hewan untuk TK di Sukabumi sebagai berikut:

Form Pemilihan Materi:
Pada form menu pemilihan materi terdapat bebrapa form, yaitu pengertian hewan, gambar gambar hewan, suara hewan dan form keluar.



Menu Materi:
Pada form diatas terdapat beberapa materi hewan yang akan di jelaskan kepada user.


Menu Gambar:
Pada form diatas terdapat beberapa gambar hewan yang akan di jelaskan kepada user.


Menu Suara Hewan:
Pada form diatas terdapat beberapa jenis suara hewan yang akan di jelaskan kepada user.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFORMED AND UN-INFROMED SEARCH

KECERDASAN BUATAN

METODE NUMERIK (REVIEW)