Media Pembelajaran Mengenal Hewan untuk Taman Kanak-Kanak Menggunakan Adobe Flash CS6
Nama : Rose Setiana
Nim : 1730511087
Mata Kuliah : Interaksi Manusia dan Komputer
Prodi : Teknik Informatika
Menganalisa Konteks
Yang Akan Yang Dibuat
JUDUL PENELITIAN :
MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HEWAN
UNTUK TAMAN
KANAK-KANAK MENGGUNAKAN ADOBE FLASH
CS6
Definisi Adobe Flash
Adobe Flash
(awal namanya Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang
merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk
membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan
dari perangkat lunak ini mempunyai file extension swf dan dapat diputar di
penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah
satu program untuk membuat animasi yang sangat handal dibandingkan dengan
program lain karena dalam hal ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil.
Hasil animasi Flash banyak digunakan untuk membuat sebuah web agar tampilannya
menjadi lebih interaktif. Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain
khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang
digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan
pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash
banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD
Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk
membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol
animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver
dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Flash sekarang bukan hanya sebagai
software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi
animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita
tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software
lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak
lagi.
Sejarah Dan Perkembangan Adobe Flash
Sejarah
Flash dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay
menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program
gambar komputer. Dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal
sebagai SuperPaint dalam pameran sains sekolah. Setelah dia menang, program
buatannya menarik perhatian bagi pengembang software lokal Charlie Jackson.
Tahun 1993 ia mendirikan FutureWave Software dengan produk pertama SmartSketch.
Inilah cikal bakal Macromedia Flash. Tahun 1995 SmartSketch berganti nama
menjadi CelAnimator. Menjelang akhir 1995, FutureWave sempat mengalami masalah
finansial dan mencari pembeli. Tiga calon yang ketika itu didekatinya adalah
John Warnock dari Apple, lalu juga Adobe dan Fractal Designs. Juli 1996
CelAnimator berubah nama kembali menjadi FutureSplash Animator. Produk ini
menimbulkan minat di kalangan industri. Tak kurang dari Microsoft yang
menggunakan dan amat menyukainya. Disney juga sama. Ketika itu MSN ingin dibuat
mengikuti model televisi dan animasi-animasi full screen dibuat dengan
FutureSplash. Desember 1996, Macromedia yang sedang membujuk Disney agar
memakai Shockwave plugin browser untuk produk animatornya bernama Director
mendekati Jon. Akhirnya terjadilah deal dan FutureSplash Animator berubah nama
menjadi Flash 1.0. Seiring dengan perkembangannya, Flash berkembang dan
mempunyai beberapa versi yang diciptakan hingga tahun ini. Adapun riwayat
produk perkembangan flash mulai dari tahun 1996 hingga perkiraan tahun 2010
adalah sebagai berikut:
§ FutureSplash
Animator (10 April 1996)
§ Flash 1 (Desember 1996)
§ Flash 2 (Juni 1997)
§ Flash 3 (31 Mei 1998)
§ Flash 4 (15 Juni 1999)
§ Flash 5 (24 Agustus 2000) –
ActionScript 1.0
§ Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
§ Flash MX 2004 (versi 7) (9 September
2003) – ActionScript 2.0
§ Flash MX Professional 2004 (versi 7)
(9 September 2003)
§ Flash Basic 8 (13 September 2005)
§ Flash Professional 8 (13 September
2005)
§ Flash CS3 Professional (sebagai
versi 9,16 April 2007) – ActionScript 3.0
§ Flash CS4 Professional (sebagai
versi 10, 15 Oktober 2008)
§ Adobe Flash CS5 Professional (as
version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
§ Terdapat pula Adobe Flash CS6
Macam –
Macam Adobe Flash
1.
Adobe Photoshop
Produk Adobe yang terkenal diantaranya adalah Photoshop yang merupakan
perangkat lunak untuk pengolahan foto atau gambar. Photoshop adalah market
leader terbaik untuk pengolahan foto. Setidaknya ada banyak sekali versi dari
Photoshop yang bisa kita gunakan saat ini. Saat ini ada 13 versi dari Photoshop
yang bsa kita gunakan dan versi terakhir adalah versi 13 dengan nama Adobe
Photoshop CS6. Menggunakan perangkat ini memang sangat membantu fotografer dan
juga perusahaan periklanan untuk membuat foto atau gambar lebih sempurna dan
professional.
2.
Adobe Flash
Dulunya kita mengenal Adobe Flash dengan nama Macromedia Flash. Perangkat
lunak ini digunakan untuk pembuatan animasi ataupun gambar vektir. Penyimpanan
file hasil dari Flash adalah dalam bentuk file extension .swf. Untuk membuka
file ini tentu saja PC, laptop atau gadget yang Anda gunakan harus dipasang
perangkat Adobe Flas Player. Adobe membuat produknya yang bernama Flash ini
dengan bahasa pemrograman yang diberi nama ActionScript. Bahasa pemrograma ini
pertama kali digunakan saat penggunaan Flash 5.
3.
Adobe After Effects
Adobe After Effects
adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film
dan pos produksi pada video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari
Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe. Adobe After
Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion
Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam – macam software Design yang
telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal.
Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk
mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe
After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode
script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih
dinamis.
4.
Adobe Dreamweaver
Dreamweaver merupakan
program yang sering digunakan untuk menyunting halaman web. Dulunya, kita
sering menggunakan Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia namun sekarang
kita bisa menggunakan Adobe Dreamweaver karena Macromedia sudah dibeli oleh
Adobe. Versi terakhir dari Dreamweaver yang bisa kita gunakan adalah Adobe
System versi 12.
5.
Adobe Fireworks
Adobe Fireworks
(sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Fireworks) adalah sebuah bitmap dan
vector grapichs editor. Ia sebenarnya dikembangkan menggunakan bagian dari
Macromedia xRes, yang telah Adobe peroleh pada tahun 2005. Fireworks dibuat
untuk web designer agar membuat prototipe website dan application interface
dengan cepat.
Fiturnya memasukkan
slices and kemampuan untuk menambahkan hotspot. Ia didesain untuk
diintegrasikan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Dreamweaver dan Adobe
Flash. Ia tersedia sebagai salah satu produk yang berdiri sendiri atau dibundle
dengan Adobe Creative Suite. Versi sebelumnya dibundle dengan Macromedia
Studio.
6.
Adobe Illustrator
Adobe Illustrator
adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh
Adobe Systems. Illustrator CS6 merupakan versi terkini program ini, generasi
keenam belas untuk produk Illustrator
7.
Adobe InDesign
Adobe InDesign adalah
perangkat lunak desktop publishing (DTP) yang diproduksi oleh Adobe Systems
yang dapat digunakan untuk membuat poster, brosur, bahkan majalah atau buku
8.
Adobe Premiere Pro
Untuk menyunting video
dengan mudah, Anda bisa menggunakan Adobe Premiere Pro. Produk dari Adobe ini
merupakan program untuk penyuntingan video yang bisa dijalankan pada platform
Windows dan Max OS untuk versi CS3. Untuk menjalankan program ini, Anda bisa
memilih beberapa bahasa yang disediakan diantaranya bahasa Inggris, bahasa
Jerman, bahasa Jepang, bahasa Spanyol, bahasa Italia dan juga bahasa Perancis.
9.
Adobe After Effects
Adobe After Effects
adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara
luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama
dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan
bom, dan efek khusus lainnya. After Effects telah membantu para praktisi
perfilman Hollywood dalam menghasilkan film-film dengan efek khusus yang
spektakuler.
Adanya kesamaan
interface antara After Effects dengan keluarga Adobe yang lain seperti
PhotoShop memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pemakaiannya. Integrasi
After Effects bersama dengan PhotoShop, Illustrator, dan Premiere akan
menghasilkan karya yang sebelumnya sulit dibayangkan untuk diwujudkan. Pada
versi terbarunya, After Effects 6. Berbagai fitur yang lebih memudahkan bagi
para profesional dalam menghasilkan efek khusus yang inovatif namun dengan
tenggang waktu yang terbatas.
10.
Adobe Audition
Adobe Audition
(sebelumnya Cool Edit Pro) berguna untuk Audio Editing (Edit Audio) dan
penggunaanya sangat simple dan mudah dipelajari, Oleh Karena itu Adobe Audition
cukup terkenal dikalangan masyarakat.
11.
Adobe Prelude
Adobe Prelude (penerus
Adobe OnLocation) adalah alat untuk Windows dan Mac untuk meninjau, impor, log,
pilih, dan media ekspor tapeless. Perangkat lunak ini juga menawarkan fitur seperti
transkripsi pidato dan dipotong penciptaan kasar.
Kelebihan Adobe Flash
§
Merupakan teknologi animasi web yang paling populer
saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
§
Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
§
Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
§
Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web,
animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik,
membuat
§
permainan (game), aplikasi web dan handphone.
§
Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM,
VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
Kekurangan Adobe Flash
§
Pembuatan yang rumit, karena semua serba manual, mulai
dari pembuatan gambar, gerakan, hingga pembuatan fungsi tombol seperti tombol
next, prev dan lain sebagainya
§
Dibutuhkan waktu yang tidak cepat dalam pembuatannya,
karena kita diwajibkan memahami bahasa pemrograman Java
§
Perangkat yang akan kita gunakan harus mempunyai Adobe
Flash Palyer, sehingga mungkin ada beberapa pengguna yang mengalami kesulitan
jika komputer atau perangkat yang digunakan belum terinstall Adobe Flash
Player, terlebih bagi mereka yang jarang update aplikasi komputernya.
§
Dalam pembuatannya, kita membutuhkan banyak variabel
untuk memberikan nama pada object yang akan kita mainkan, baik untuk nama
gambar, suara, gambar bergerak dan perhitungan matematik.
Mengenal
Adobe Flash CS6
Adobe Flash CS6 merupakan versi
pembaruan dari versi sebelumnya, Adobe Flash CS5. Adobe Flash CS6 berada pada
sati paket dengan sofware lainnya dalam Adobe Creative Cloud ( Adobe CC). Versi
ini dirilis online pada tanggal 18 Juni 2014
Fitur fitur terbaru pada Adobe Flash
CS6 diantara lainnya adalah :
·
Memberikan dukungan untuk HTML 5.
·
Ekspor symbol dan urutan animasi yang cepat
menghasilkan sprite sheet untuk menigkatkan pengalaman gaming. Alur kerja, dan
performance.
·
Memberikan dukungan untuk Android dan iOS dengan Adobe
Flash player terbaru.
·
Performanya memberikan pemuatan foto berukuran besar
menjadi lebih cepat. Hal ini terwujud dengan adanya Adobe Mercury
Graphics Engine yang mampu meminimalisir waktu render
1.
Definisi Konteks Aplikasi
Aplikasi ini merupakan media untuk
mempermudah belajar mengajar antara murid dan guru. Media pembelajaran ini
merupakan sarana penyampaian materi pembelajaran yang dapat menyalurkan pesan,
merangsang pemikiran dan perasaan serta kemauan seseorang untuk belajar.
Melalui media pembelajaran interaktif memungkinkan peserta didik akan lebih
tertarik dan mudah menerima materi yang di pelajari. Media pembelajaran
Mengenal hewan untuk taraf Taman Kanak-Kanak (TK) saat ini masih berupa
penyampaian langsung dari guru. Cara lain yang digunakan
untuk pembelajaran Mengenal hewan saat ini adalah melihat gambar
dari buku saja, namun metode tersebut kurang interaktif karena buku tidak bisa
berinteraksi secara langsung dengan anak-anak. Sebagian anak – anak akan merasa
bosan dalam mempelajari materi hanya dengan melihat-lihat buku. Maka dari itu
diharapkan dengan adanya media pembelajaran interkatif ini mampu menjadi sarana
belajar anak-anak untuk dapat lebih mudah memahami dalam belajar mengenal
hewan.
2.
Gambaran Pengguna
Gambaran pengguna aplikasi ini adalah guru, murid
dan wali murid bisa menggunakanya.
Kondisi setiap user yang terlibat dalam penggunaan
aplikasi ini:
·
User memiliki
dan bisa menggunakan handphone dengan baik
·
Handphone user
memiliki data seluler dan dapat mengakses internet.
·
User dapat
memahami aplikasi tersebut.
·
Bahasa yang
digunakan bahasa indonesia.
·
Usia user 4 s/d
40 tahun.
·
Jenis kelamin
laki-laki dan perempuan.
Kondisi pengelola :
Ø Usia pengelola 19 tahun
Ø Jenis kelamin pengelola perempuan
Ø Wilayah daerah Cicantayan Sukabumi
Ø Kemampuan dalam menggunakan komputer dengan baik dan
benar
Ø Bahasa yang digunakan bahasa indonesia
Ø Kesukaan pengelola dalam membuat aplikasi ini tidak
bergantung bagaimana kesukaan pengelola itu sendiri, melainkan memperhatikan
kesukaan user sebagai pengguna aplikasi tersebut.
Analasis Sistem
Analisis
sistem dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana sistem
bekerja, untuk mengetahui permasalahan dari sistem Aplikasi Pengenalan Hewan di TK Kota Sukabumi, yang selanjutnya mencari
solusi pemecahan permasalahan tersebut dengan mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan sistem untuk mengajukan sistem usulan yang akan
dikembangkan.
Analisis Sistem Berjalan
Analisis
sistem yang berjalan bertujuan untuk mempermudah belajar mengajar antara murid
dan guru. Media pembelajaran ini merupakan sarana penyampaian materi
pembelajaran yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pemikiran dan perasaan
serta kemauan seseorang untuk belajar. Melalui media pembelajaran interaktif
memungkinkan peserta didik akan lebih tertarik dan mudah menerima materi yang
di pelajari. Media pembelajaran Mengenal hewan untuk taraf Taman Kanak-Kanak
(TK) saat ini masih berupa penyampaian langsung dari guru.
1. Prosedur
Penggunaan Sistem
a. Prosedur penggunaan Sistem
i.
Penegelola dapat
meneliti terlebih dahulu kepada user
ii.
User dapat
mendownload aplikasi ini diyoutube, karena aplikasi ini berupa video.
iii.
Guru menjelaskan
cara penggunaan aplikasi ini kepada murid atau anak-anak.
iv.
Murid mempraktik-kan cara menjalankan aplikasi
tersebut.
v.
dapat memahami dengan baik aplikasi tersebut.
2.
Workflow Sistem yang
Berjalan
Workflow sistem yang berjalan pada proses penggunaan sistem
aplikasi di Universitas Muhammadiyah Sukabumi adalah sebagai berikut:
Analisis Permasalahan
Dengan proses penggunaan sistem aplikasi
yang masih dilakukan secara konvensional tersebut, terdapat beberapa
permasalahan diantaranya:
1.
Dalam aplikasi
ini memungkinkan adanya kendala seperti keadaan internet tidak stabil, dan
proses pembelajaran akan terganggu jika menggunkan aplikasi secara online
karena ada sedikit iklan yang muncul saat proses pembelajaran murid atau
anak-anak.
2.
Belum semua TK
memiliki proyektor didalam kelas.
Analisis Pemecahan Masalah
Melihat
masalah yang dihadapi tersebut, maka diusulkan pemecahan masalah sebagai
berikut:
1.
Solusi
penyelesaian masalah dalam aplikasi ini pastikan koneksi internet stabil
sehingga proses pembelajaran tidak terganggu. Untuk tidak terganggu oleh iklan
yang sering muncul, silahkan download terlebih dahulu dengan internet dan buka
kembali dengan koneksi internet offline.
2.
Mengajukan
usulan dana kepada atasan untuk mengadakan Proyektor sesuai dengan perkembangan
teknologi yang semakin canggih.
Analisis Kebutuhan dan Usulan Sistem
1. Analisis Kebutuhan Sistem
Analisis kebutuhan sistem dilakukan
untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh sistem. Kebutuhan sistem yang
dibutuhkan dalam pembuatan Media Pembelajaran Mengenal Hewan untuk taman
kanak-kanak Menggunakan Adobe Flash CS6
yaitu sebagai berikut.
a. Data yang dibutuhkan
i.
Data Guru: nip, nama.
ii. Orang
tua / Wali : nama
iii. Anak
TK : nama
b. Form yang dibutuhkan
Form yang dibutuhkan dalam sistem yang akan dikembangkan adalah:
i.
Form
menu utama / start
ii.
Form menu
pemilihan gambar hewan
iii.
Form menu
materi
iv.
Form
menu Logout / Keluar
c. Perangkat
Pembangun Sistem
i. Analisis kebutuhan perangkat
lunak
Merupakan analisis
yang dilakukan pada perangkat lunak yang dilakukan penulis dalam membangun
aplikasi media pembelajaran mengenal hewan di salah satu TK di Sukabumi.
2. Usulan Sistem
i.
Pengelola membuka
aplikasi youtube
ii.
Pengelola mengupload
video yang sudah jadi ke aplikasi youtube
iii.
User (guru dan
murid) dapat mendownload video tersebut di youtube pengelola
iv.
User (guru dan
murid) bisa mendownload dan menonton video tersebut bagi yang mempunyai HP
tersendiri jika tidak bisa dari proyektor didalam kelas.
A.
Halaman
berikutnya, yaitu form gambar yang merupakan tempat berbagai gambar dari system
yang dibuat.
B.
Halaman di form
pemilihan materi, user dapat memilih gambar hewan yang disukai dan bisa mendengarkan
berbagai suara-suara hewan.
Perancangan IMK
·
Perancangan
Tampilan:
Merupakan pemodelan tampilan dari system yang dapat
dilihat pengguna. Adapun perancangan tampilan dari aplikasi Media Pembelajaran
Mengenal Hewan untuk TK di Sukabumi sebagai berikut:
Form
Pemilihan Materi:
Pada
form menu pemilihan materi terdapat bebrapa form, yaitu pengertian hewan,
gambar gambar hewan, suara hewan dan form keluar.
Menu
Materi:
Pada
form diatas terdapat beberapa materi hewan yang akan di jelaskan kepada user.
Menu Gambar:
Pada
form diatas terdapat beberapa gambar hewan yang akan di jelaskan kepada user.
Menu Suara Hewan:
Komentar
Posting Komentar